Mar 11, 2012

Antivirus



Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Dengan perangkat lunak ini kita dapat mengetahui apakah sebuah sistem komputer terkena sebuah virus atau tidak. Pada umumnya, perangkat lunak ini berjalan pada latar belakang atau background dan juga melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses.
Antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus,  tapi telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna

Cara Kerja Antivirus
  • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database)
Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh jenis antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan
suatu virus pada komputer dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh pencipta antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, kemampuan pengapusan virus dan juga beberapa kategori yang lain.
Kelebihannya : dengan cara ini perangkat lunak antivirus dapat dikatakan cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi keberadaan virus-virus yang telah dianalisa oleh pembuat antivirus.
Kekurangannya : cara tradisional ini tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga nanti basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem.
  • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja:
Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System. Cara ini sering dinamakan juga sebagai Behavior – blocking detection. Cara ini memakai kebijakan yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika terdapat tanda-tanda pada perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut kebijakan yang diterapkan, contohnya adalah sebuah perangkat lunak yang mencoba melakukan pengaksesan address book atau buku alamat untuk mengirimkan e-mail secara massal kepada alamat email yang berada di dalam address book tersebut (hal ini sering dipakai oleh virus untuk menularkan virus dari satu ke komputer ke komputer lain melalui akses internet dengan fasilitas email), dengan mengetahui cara kerja virus tersebut maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak yang bergerak tidak wajar akibat virus tersebut. Perangkat lunak Antivirus juga bisa mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya.
Kelebihannya : Dengan menggunakan cara ini ialah antivirus dapat mendeteksi keberadaan virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature.
Kekurangannya :  antivirus model seperti ini berkerja dengan cara memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan bukan memantau data, jadi seringnya antivirus membuat alarm palsu (jika konfigurasi antivirus terlalu ‘keras’ ), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak dan menyebar di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu (lunak).
Saat ini perangkat lunak antivirus yang menggunakan teknik kedua atau Behavior – blocking detection masih sedikit. Tapi nanti suatu saat di masa mendatang kemungkinan besar akan menggunakan teknik ini, atau menggunakan dua teknik dalam satu pake software antivirus.

Jenis antivirus berdasarkan pengguna
Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2 , yaitu Home User dan Network /Corporate User Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya
1.      Free antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis
Contoh Antivirus yang gratis :  Avira AntiVir PersonalEdition Classic, AVG Free Edition, PCclear Antispyware with Free Antivirus, Avast Home Edition, Gucup Antivirus (GAV), BitDefender Free Edition, RemoveIT Pro, Comodo AntiVirus, PC Media Antivirus (PCMAV)
2.       Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi
            Contoh Antivirus yang di peroleh dengan cara mendonasi : SMADAV. Sebenarnya smadav bisa di dapatkan secara gratis (smadav free) , namun jika anda ingin mendapatkan smadav pro yang memiliki beberapa fitur yang tidak dimilik oleh smadav free anda harus mengirimkan sejumlah donasi.
3.       Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli/membayar.
       Contoh beberapa Antivirus yang di peroleh dengan membeli/membayar : Norton AntiVirus, Kaspersky Anti-Virus Personal, ESET NOD32 Antivirus (NOD), McAfee VirusScan 2007, Panda Antivirus 2008, Sophos Anti-Virus, Trend Micro AntiVirus plus AntiSpyware 2008, Microworld AntiVirus & Spyware Toolkit Utility.

4.      Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu. Sama halnya dengan Paid Antivirus, Trial antivirus ini dapat diperoleh secara full dengan cara membayar.

Produsen AntiVirus
Di bawah ini adalah beberapa produsen Antivirus berikut produk dan situs webnya :
1.         Produsen : Avira , Produk : AntiVir , Situs web : http://www.avira.com
2. Produsen : PCMedia, Produk : PCMedia AntiVirus, Situs web : http://www.pcmedia.co.id/
3. Produsen : VirusBuster Ltd, Produk : VirusBuster, Situs web : http://www.vbuster.hu
4. Produsen : Panda Software , Produk : Panda AntiVirus dan NanoScan, Situs web : http://www.pandasoftware.com
5. Produsen : Safetynet, Produk : VirusNet PC and VirusNet LAN , Situs web : http://www.safe.net
6. Produsen : Smadav , Produk : SMADAV, Situs web : http://www.smadav.net
7. Produsen : Sophos, Produk : Sophos Anti-Virus, Situs web : http://www.sophos.com
8. Produsen : S.R. Labs , Produk : Sven7 Antivirus, Situs web : http://www.sven7.co.nr
9. Produsen : Sybari, Produk : SoftwareAntigen for Microsoft Exchange, Situs web : http://www.sybari.com
10. Produsen : Symantec , Produk : Norton Antivirus dan Symantec Antivirus Corporate Edition, Situs web : http://www.symantec.com
11. Produsen : Frisk , Produk : Software F-Prot Antivirus, Situs web : http://www.f-prot.com
12. Produsen : F-Secure , Produk : F-Secure Anti-virus, Situs web : http://www.fsecure.com
13. Produsen : Ansav, Produk : Ansav, Situs web : http://www.ansav.com/
15. produsen : Zonelabs, Produk : ZoneAlarm AntiVirus, Situs web : http://www.zonealarm.com/



Sumber : Belajar-komputer-mu.com, Wikipedia.com, catatan-gume.blogspot.com
Edited : Novi Alawiah (dengan penambahan dan pengurangan kata-kata sesuai kebutuhan)

1 comment:

  1. This is the only way to ensure good products in hand and
    great value for your hard earned money. The
    advert designs can range from being simple text affairs
    that are very basic, which also tend to be less expensive, to the more expensive, fully graphic designed adverts with photo quality images that
    can take up a whole page of the newspaper.
    Today, Most of newspapers are offering their online editions.
    That’s why, while drafting ads for newspapers selling or buying a
    property, make your USP as your headline. Just save your old newspapers,
    or get some from friends and neighbors and start packing.

    my site - click here

    ReplyDelete

Comment Please~~