Jan 4, 2013

Makna Bunga Berdasarkan Warna, Bentuk, dan Jumlanya

Mmm..gara gara nyari 'bahan' buat fanfic..jadi ngepost ini deh..:D . 
I love flowers, dan sangat suka mengekspresikan perasaan lewat warna warnanya! dimanapun itu..pasti adalah sesisip dua sisip (?) di cerita, fanfic, atau dalam kehidupan sehari hari. 
Say it with flowers, itulah ungkapan yang sering kita dengar untuk mengungkapkan sesuatu pada seseorang.
Bungalah yang selalu mewakili perasaan kita terhadap seseorang yang kita kasihi dan membuatnya sangat berarti dalam hidup Anda.

Selama beberapa waktu orang mengelompokan bunga sesuai dengan artinya.
Bunga juga bisa kita manfaatkan dan menolong kita sebagai wakil untuk mengungkapkan perasaan yang tak mampu disampaikan lewat kata-kata.



 
BUNGA ANGGREK
Anggrek mempunyai arti yang sangat spesifik dan dalam. Rangkaian bunga Anggrek biasa diberikan  kepada orang-orang yang disegani, dikasihi dan  dihormati. Itu mungkin karena harga bunga Anggrek yang lebih mahal  sehingga orang memberikan bunga  Anggrek kepada orang-orang VIP. Di Hari Valentine kamu bisa memberikan rangakaian  bunga Anggrek kepada  Mama atau Guru yang paling kamu segani.  Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian Anggrek Golden Shower dari kekasihmu, dipastikan dia memujimu sebagai pribadi yang smart dan cantik.  Tetapi kalau kamu mendapatkan bunga Anggrek  warna ungu, mesti kamu pertanyakan cintanya.
Secara umum, bunga anggrek melambangkan Cinta, cantik, keindahan, kebijaksanaan, perhatian, perbaikan, Chinese symbol untuk banyak anak .

Pink : kasih sayang murni  
Kuning : keanggunan Hitam : kekuasaan dan otoritas mutlak
Putih
: keindahan, kelembutan, kemurnian, kepolosan, kebaikan 

Merah : semangat, daya energi, kekuatan cinta
Lavender
: memprovokasi percintaan dan keanggunan 

Ungu : membangkitkan misteri dan ketidakpastian
Biru
: bermakna dalam, kekuatan dan stabilitas



Bunga Akasia  
BUNGA AKASIA
Cinta yang terpendam, cinta suci dan keindahan

Kuning : cinta rahasia
Merah muda dan Putih
: persahabatan  

Pink : keanggunan




GLADIOUL
     
  






     



Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil.  Warna Gladiol  bermacam-macam. Ada pink, merah, kuning, pastel, orange, dan putih. Gladiol  dilambangkan sebagai simbol kekuatan karakter, ketulusan dan pengharapan. Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian Gladiol dari pacar kamu yang akan tugas, itu tandanya dia mengharapkanmu tetap setia menunggunya.  Rangkaian Gladiol bisa dijadikan pilihan saat pesta perpisahan. Nah, Di hari Valentine  pilihlah rangkaian Gladiol buat  sahabatmu yang paling dekat.  Jangan lupa sertakan note, Best Friend Forever.


Bunag Anyelir
BUNGA ANYELIR (CARNATION)
 

Bunga  beraroma cengkeh ini mempunyai banyak makna tergantung warnanya.  Tahun 1907 Anna Jarvis dari Philadelphia memilih bunga Anyelir merah jambu sebagai lambang Mother’s Day. Anyelir merah jambu dilambangkan sebagai kasih sayang abadi seorang Ibu. Sedangkan Anyelir merah dilambangkan sebagai persahabatan dan kekaguman. Anyelir putih dilambangkan sebagi raca cinta yang sangat dalam. Anyelir kuning  dilambangkan sebagai penolakan. Di Hari Valentine, kamu tinggal memilih Anyelir warna apa yang menurutmu  cocok buat seseorang yang kamu anggap spesial.  Jangan lupa  sertakan note ya. Misalnya begini, “Buat teman yang kukagumi.”
 
Ikatan kasih sayang, kesehatan, enegi dan daya tarik.
Pink : Aku tidak akan melupakanmu  

Merah : Aku menginginkanmu, rasa kagum  
Ungu : ketidak teraturan, bertingkah, berubah-ubah
Warna Solid
: Ya  

Bergaris : Tidak, penolakan
Kuning
: Penolakan , penghinaan, kamu mengecewakanku  

Putih : cinta murni, “good luck” (bila diberikan pada wanita), manis dan cantik.



Bunga Aster
BUNGA ASTER

Bunga Aster  sebagai simbol persahabatan ini sering digunakan untuk dekorasi pernikahan atau acara-acara resmi lainnya.  Aster dilambangkan sebagai rasa cinta, kemurnian dan kepolosan terhahap seorang sahabat.  Aster juga dilambangkan sebagai kasih sayang abadi dan sikap menghormati.  Pililah rangkaian bunga Aster untuk guru, saudara yang merayakan wisuda, saudara yang melahirkan atau  orangtua yang sedang merayakan ulangtahun perkawinan.  Nah, kalau kamu mendapatkan rangkaian bunga Aster dari pacar kamu di Hari Valentine, itu pertanda cintanya buatmu abadi selamanya.  Bunga Aster bisa juga kamu jadikan sebagai perantara rahasia antara kamu dan pacar kamu. Tapi, jangan lupa memberikan note di mana kalian akan nge-date .... hmmm ...  biar nggak nyasar ....
Symbol cinta, keindahan, kecantikan dan kesabaran
Aster Cina
: kesetiaan, kecemburuan



Bunga Catleya  
BUNGA CATTLEYA
Pesona Dewasa  





LAVENDER 
ketenangan, hubungan yang lekat dan mendalam.



SERUNI







        




Seruni atau bunga Krisan mempunya arti bermacam-macam tergantung warnanya.  Seruni  perak mengungkapkan cnita kepada sahabat. Seruni merah mengungkapkan cinta kepada lawan jenis.  Seruni kuning menyatakan cinta yang perlu diwaspadai. Artinya, kalau kamu dapat rangkaian Seruni kuning dari pacar kamu, tanyakan padanya, apakah  cintanya benar-benar buat kamu atau ada orang lain selain dirimu. Tetapi kalau kamu mendapatkan rangkaian Seruni putih, itu sebagai tanda bahwa pacar kamu memercayaimu dengan sepenuh hati. 


GERBERA
            
  







Gerbera merupakan bunga potong yang paling banyak diperdagangkan di dunia  bersama-sama dengan Mawar, Anyelir, Seruni dan Tulip.     Bunga Gerbera punya arti yang dalam banget.  Garbera dilambangkan sebagai cinta yang sudah lama terikat. Cocok buat kamu yang sudah lama pacaran dan pengin menikah.  Buat kamu,  para cowok, pilihlah rangkaian bunga  Gerbera sebagai hadiah Valentine buat pacar kamu. Sertakan juga note yang bunyinya, ” Aku  tidak bisa hidup tanpamu”.  Dari :  Belahan Jiwamu. Bunga Gerbera sebagai tanda bahwa kamulah jodoh yang paling cocok buatnya.




IRIS
       


 





   


Kamu boleh bangga kalau mendapat rangkaian bunga Iris dari seorang cowok. Bunga ini pertanda dia tak bisa lepas dari kamu. Artinya, dia ingin jadi pacar kamu untuk selamanya. Gombal banget yah!

 

            
  








MATAHARI
Bunga Matahari merupakan bunga nasional Repblik Rakyat Cina dan negara Bagian Kansas Amerika Serikat.  Warna  mencolok bunga Matahari memancarkan kegaguman dan keceriaan. Bunga ini dijadikan simbol sebagai rasa kagum terhadap seseorang atau seseorang yang patut dihargai.  Di  Hari Valentne  kamu bisa pilih rangkaian bunga Matahari buat bos kamu yang sangat kamu kagumi.  Bunga ini juga cocok buat hadiah orangtua atau nenekmu yang telah merawatmu dengan baik sejak kamu masih kecil. 


MELATI
  
 







    



Bunga putih kecil berbau harum ini dilambangkan sebagai kesucian dan kemurnian. Melati Putih  bahkan ditetapkan sebagai Puspa Bangsa  atau Bunga Nasional bagi masyarakat Indonesia.  Bunga Melati merupakan keharusan hiasan rambut bagi pengantin adat Jawa dan Sunda. Melati juga digunakan sebagai lambang pertemanan abadi. Kalau kamu mendapatkan  rangkaian bunga Melati dari seseorang yang kamu sukai atau dari sahabat cowok yang kamu taksir, pupus sudah harapan. Pasalnya, dia ingin kamu menjadi temannya saja. 

 
Bunga Krisan



   



BUNGA CHRYSANTHEMUM
Kegembiraan, kasih sayang, persahabatan dan rahasia
Merah
: Cinta Putih : kejujuran/kebenaran, setia
Kuning
: cinta yang bertepuk sebelah tangan Ungu : keinginan kuat untuk sehat 




Bunga Daisy
BUNGA DAISY
Kepolosan, kemurnian, kesucian, kesetiaan, kelembutan, kesederhanaan
Putih
: kepolosan, cinta setia Merah : kecantikan yang tidak diketahui pemiliknya, cinta, tulus, sederhana, cinta yang jauh dari gairah yang berlebihan, cinta diam-diam
Oranye
: kehangatan, sukacita, semangat


Gerbera Daisy - Makna Keceriaan
















Bunga Gerbera Daisy adalah di antara bunga-bunga yang paling disukai di dunia. Bunga ini ada di urutan kelima di belakang mawar, anyelir, krisan dan tulip. Bunga gerbera mirip dengan bunga matahari (sunflower) namun penuh warna yang lengkap seperti layaknya pelangi. Warna-warna yang umum pada bunga gerbera ini adalah bright pink, salju putih, kuning cerah, merah delima, merah cerah, oranye, dan banyak lagi lainnya.


Gerbera Daisy selalu bermakna dengan kegembiraan karena warna cerahnya. Ada banyak jenis bunga yang dapat membantu untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kita untuk orang yang kita kasihi, tetapi Gerbera daisy artinya menonjol sebagai salah satu yang paling jelas terang dan gembira. Sebuah buket aneka warna Bunga Gerbera Daisy dapat mengangkat semangat dan mengirim satu cara yang ideal untuk mencerahkan seseorang.



























Bunga Bakung  







BUNGA LILY, BUNGA BAKUNG.
Bunga Bakung dalam bahasa Ibrani disebut Syosyan, dalam bahasa Yunani, Krinon.  Bunga Bakung adalah bunga yang sering  disebut dalam Al Kitab sebagai lambang keindahan. Bunga Bakung atau  bunga Lily dijadikan simbol kemuliaan,  kesucian dan keindahan.  Menurut  mithos bangsa Yunani Kuno, Lily putih berasal dari susu  yang ditumpahkan Dewi Hera ke Bumi. Boleh percaya boleh tidak. Nah, kalau di Hari Valentine  kamu dapat hadiah rangkaian bunga Lily  oranye dari seorang  cowok, itu artinya  hatinya hancur banget karena cintanya nggak kamu anggap. Kalau dia memberimu Lily macan itu sama dengan cowok pede karena cintanya nggak bakal kamu tolak. Kalau seorang cowok memberimu Lily  putih itu artinya dia cuma ingin jadi  temanmu saja. (nah nah nah...ini yang paling membuat saya terkejut *halah lebay*. padahal kan saya waktu itu pernah bikin fanfic di mana di dalemnya di ceritakan sepasang kekasih yang menjadikan bungan lily sebagai lambang cinta mereka, aih...salah dong ya?)
Kemurnian, kesopanan, suci  

Putih : pengabdian, persahabatan, simpati, mulia, murni, suci
Merah Muda
: kekayaan dan kemakmuran  

Orange: kebencian, penghinaan, kesombongan
Kuning
: kebohongan, kepalsuan, keriangan




Bunag Mawar  
BUNGA MAWAR
Arti bunga Mawar banyak banget. Tetapi pada umumnya bunga Mawar digunakan untuk menyatakan rasa cinta seseorang kepada kekasihnya. Kalau kamu  mendapatkan hadiah setangkai Mawar merah dari cowokmu di Hari Valentine, itu pertanda dia cinta banget sama kamu.  Kalau dia memberimu setangkai Mawar kuning, waspadalah. Dia cinta kamu tapi ada wanita lain yang lebih dicintainya. Parahnya lagi kalau dia memberimu rangkaian Mawar putih, itu pertanda pacar kamu benar-benar ingin meninggalkanmu. Nah,  diskusikan sama pacar kamu  tentang makna bunga Mawar ini. 
Simbol cinta dan gairah Pink : Sayangku, rasa kagum , kebahagiaan, “percayalah padaku”, terimakasih
Merah
: Cinta , cantik , aku cinta padamu , rasa hormat , keberanian  

Merah Hati : Kecantikan
Merah dan Putih
: Simbol penyatuan 

Merah dan Kuning : Ucapan selamat, persahabatan atau jatuh cinta
Kuning
: Awal baru, kegembiraan, persahabatan ( dulu mawar kuning berarti ketidaksetiaan, cemburu)  

Kuning dan Jingga : Semangat
Putih
: Cinta Sejati, lugu, amat menyenangkan, rahasia dan diam  

Jingga :Keinginan, antusiame
Peach
: Manis, rasa terimakasih, apresiasi, kekaguman, simpati  

Ungu : Keunikan, cinta pada pandangan pertama, perlindungan cinta ibu/ayah
Biru
: Misteri Hijau : Tenang
Hitam
: Kematian

Setangkai: “I Love You” dan “You’re The One
6 mawar: “
I Wanna be Yours”
10 mawar: “You are perfect”
13 mawar: “I’m your secret admirer”
15 mawar: “I’m truly sorry, please forgive me”
25 mawa
r: kirimkan sejumlah ini sebagai ucapan selamat atas keberhasilan seseorang.


  


tulip  
BUNGA TULIP
Bunga berbentuk lonceng ini sangat populer di Eropa sehingga muncul istilah Tulipomania, atau kegilaan akan bunga Tulip.  Orang-orang memberikan karangan bunga Tulip kepada orang-orang yang dikasihinya. Jadi, kalau di Hari Valentine ini pacarmu memberimu rangkaian bunga Tulip, hatimu boleh berbunga-bunga. Itu tandanya dia sangat tergila-gila sama kamu dan cintanya mati hanya buat kamu.  Kalau dia  memberimu bunga Tulip kuning, itu pertanda dia tak tahan melihat senyum manismu, Ahai ....
Cinta yang Sempurna  

Putih : permohonan maaf
Merah
: percayalah padaku , deklarasi cinta  

Kuning : cinta yang tidak ada harapan, cinta bertepuk sebelah tangan
Orange
: energi (semangat), hasrat dan gairah  

Pink : peduli
Ungu
: kebangsawanan 

Dua warna : mata yang indah
Tiap-tiap bunga dengan warna berbeda bisa diinterpetasikan secara keilmuan bahkan tradisional.
Keilmuan:
Jika dibedakan dari segi keilmuan, warna diketahui bisa membawa efek ke dalam pikiran. Jadi, sebuah warna bisa mempengaruhi kesenangan, tekanan dalam tubuh, membawa energi, atau bersifat menenangkan.

Tradisional:
1. Merah: melambangkan romantis
2. Kuning: melambangkan persahabatan
3. Putih: melambangkan penghormatan
4. Peach: melambangkan tanda terima kasih
5. Merah muda: melambangkan penghargaan
6. Oranye: melambangkan api semangat
7. Ungu: melambangkan cinta pada pandangan pertama

Bunga juga bisa digunakan sebagai pengobatan. Misalnya:
1. Hitam: bisa menimbulkan tenaga, percaya diri, dan meningkatkan kemampuan
2. Biru: memberikan ketenangan dalam pikiran dan jiwa. Warna ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi
3. Merah: digunakan untuk memacu semangat dan pembangkit gairah
4. Hijau: memberikan relaksasi pada pikiran dan tubuh
5. Ungu: menimbulkan rasa tenang dan damai
6. Merah muda: memberikan ketenangan
7. Kuning: mencerminkan energi dan menyebarkan cahaya


sumber : 
http://rianiflower.wordpress.com
http://reina-megumi.blogspot.com (http://today.co.id/read/2011/04/30/28720/membongkar_makna_jenis_bunga_pemberian_pasangan
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6908747
http://www.bungarawabelong.com)
http://www.teenage-corner.com
http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=9439

Partner : mangerik.com


17 comments:

  1. hai.. thx ya info makna2 bunganya. saya lagi bingung milih bunga utk hand bouquet wedding nti.
    setelah baca blog ini makin bingung karena banyak banget pilihannya LOL.
    anyway, thx a lot yaa :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha. sama sama. hand bouquet wedding? kalo saya sendiri sih...akan memilih bunga tulip putih. :d

      Delete
  2. eeh,, bukannya seruni sama chrysanthemum itu sama ya? O.oa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya? maaf saya kurang ngerti juga sebenernya..hehehe ^^

      Delete
  3. Keren, jadi banyak mengerti arti dari warna bunga..Thanks Info nya

    ReplyDelete
  4. ada gak kak bunga yang artinya "aku berhenti mencintaimu?"

    ReplyDelete
  5. Artikel yang lengkap dan menarik, terimakasih udah dishare.. jd ngerti nich tentang makna bunga dan artinya..salam..

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat
    http://jualhandbouquetsurabaya.wordpress.com

    ReplyDelete
  7. sepertinya tdk semua pria paham soal qty bunga yg akan dikasih ke pasangan , info ini sangat membantu tq Toko Bunga tabanan

    ReplyDelete
  8. Artikelnya menarik nih, terima kasih ya kak. Bisa nambah informasi tentang makna bunga secara keilmuan dan tradisional. Karangan Bunga menarik

    ReplyDelete
  9. bunga-bunga yang indah punya arti mendalam banget .... trmkasih infonya sis ...

    ReplyDelete
  10. Trmkasih ulasannya ... sekarang jadi mengerti makna sebenarnya bunga-bunga ...

    ReplyDelete
  11. Casino-roll Casino Roll - Casino-Roll
    Casino bet Roll. Information. Casino Roll. 먹튀 랭크 Location. 777 Casino Way, 777 Casino Way, WA 98404. United States. 피망 포커 United 스보벳 States. 슬롯 가입 쿠폰 Type of T&Cs Apply.

    ReplyDelete

Comment Please~~