Oct 19, 2013

Lets Talkin About Love ; "Cinta itu apa sih?"



Cinta. Cuma satu kata, tapi rumitnya luar biasa. Nah, ngomongin ‘apa itu cinta?’ tentu saja itu berarti kita mencari arti dari kata cinta itu. walah..makin rumit. Karna nyari arti dari ‘sebuah kata’ itu susah loh, kita butuh kamus untuk melakukannya, tapi…untuk yang satu ini  jawaban dari kamus paling lekap sedunia pun gak bisa memuaskan penanyanya. 

Sudah gak kehitung berapa remaja galau (karna kalau mereka lagi ‘bahagia’ gak mungkin mereka mempertanyakannya) yang mempertanyakan ‘Apa itu cinta?’. Sayangnya percaya atau engga, si ‘arti cinta’ ini cuma bisa mereka dapatkan setelah merasakannya sendiri, bukan dengan bertanya sana sini (biasanya ngetik keyword ‘arti cinta’ di google, share sms ke  temen, bikin status, dll).
Oke, itu emang ngebantu, sedikit memberi pencerahan dan petunjuk , tapi menurut padangan saya itu tidak menjadikan si empunya pertanyaan menemukan jawaban dari pertanyaanya. Seperti kata pepatah, “Guru yang paling baik adalah pengalaman”, begitu juga dalam hal cinta mencinta ini. Gak jarang ke-kepoan para remaja galau itu berujung pada galau yang malah makin parah. Kenapa? karna jawaban dari ‘arti cinta’ yang mereka cari kadang sedikit ‘menyesatkan’.   Ko bisa? Nih contohnya... 

A : *bikin status di fb*  “apasih arti cinta itu?”
B : *temen si A yang lagi jatuh cinta komen* “cinta itu saat kamu kepikiran si dia siang malem dan ngerasa bahagia bangett.”
Gak lama kemudian si A jatuh cinta sama cowok yang ternyata udah punya pacar, siang malem dia kepikiran si cowok lagi mesra mesraan sama ceweknya. Dan si A pun berkata dalam hati “Hellowww, cinta tuh menyedihkan banget! Lu bohong B!!”

Contoh ke 2….

C : *cowok galau lagi ngetik keyword di google ‘arti cinta’*
Goggle : “Cinta itu pengorbanan tanpa mengharapkan balasan”.
Si C galau karna jatuh cinta sama cewek yang tidak mencintainya, karna kata google “Cinta itu pengorbanan tanpa mengharapkan balasan” si C mengorbankan apapun biar si cewek bisa cinta juga sama dia. Uangnya, waktunya, harga dirinya, dan perasaanya. Kata-kata mbah google sih gak salah, bener malah, tapi apa yang si C dapat? Apa galaunya berganti jadi bahagia? Engga! Yang ada makin menderita! 

Lalu kenapa  mereka bisa tau arti cinta itu dan menulisnya ? karna mereka sudah mengalaminya dan anda belum! Dan kalaupun sudah, setiap pengalaman orang kan beda beda  dan dalam waktu yang berbeda, jadi gak bakalan sama kejadiannya.
Sebenarnya pertanyaan “apa sih arti cinta itu?” sedikit sama dengan “gimana sih  jatuh cinta itu?”, sekali lagi, keduanya hanya bisa di jawab dengan mengalaminya sendiri terutama yang “gimana sih  jatuh cinta itu?” (jangan tanya kenapa karna udah di contohin di atas).

 Saya sendiripun sampai saat ini, 17 tahun hidup di dunia, pernah mengalami yang namanya jatuh cinta lalu terluka *halah*, belum bisa mendeskipsikan sendiri apa itu yang namanya cinta. I mean, setiap orang, dari pengalaman yang telah mereka dapatkan, mereka akan bisa menyimpulkan sendiri versi ‘arti cinta’ menurut mereka masing-masing, nah sementara saya belum bisa melakukannya. Entah karna kurang pengalaman atau perasaan saya ini yang emang bebal, entahlah. Kalo soal ngebahas soal pengalaman sih…satu argument saya : “Kualitas lebih penting daripada kuantitas”.  Tapi kalian pasti berfikir  : “ah bilang aja lu kagak laku”. Dan saya akan menjawab : “barang berharga itu mahal, gak pernah ada yang di obral” (hahh!  if you know what I mean *kibas poni*). Tapi percayalah kawan itu benar, walaupun pengalaman saya dikit, tapi pengetahuan saya tentang sesuatu yang di beri nama cinta itu lumayan bagus kok, buktinya saya bisa bikin artikel ini :D.  
Oh ya, saya pernah dapet sms dari temen galau plus rada alay dari temen saya, gini isinya : 

   "Cinta itu bukan benang, tapi kenapa bisa putus?
Cinta itu bukan tubuh, tapi ko bisa sakit?
Cinta juga bukan kulit, tapi kenapa bisa terluka?
Cinta pun tak punya mata, tapi kenapa bisa buta?
Cinta bukan benda tajam, tapi kenapa bisa melukai dan membuat orang mati?
SEBENERNYA CINTA ITU APA SIH??”

Entah itu emag serius dia tanyain atau sekedar sms iseng biar ada yg bales terus hapenya jadi gak sepi, but, sms itu saya tanggapi dengan serius  XD. Gini balesan saya :

   “Suatu saat nanti juga bakal tau sendiri kenapa.
Yang jelas, cinta ya cinta, sebuah perasaan.
Kenapa bisa seperti itu? Agar kita belajar.
Kenapa harus belajar? Agar kita tau mana cinta yang salah dan mana cinta yang benar.
Kenapa harus tau mana yang salah dan mana yang benar? Agar memilih yang benar dan meninggalkan yang salah.
Kenapa harus memilih yang benar? Agar hidup dengan baik dan bahagia dari hari ke harinya.”

Dan temen saya bilang jawaban saya :

“Keren…hahhaha” (:p)

Saya juga mau menambahkan bahwa jika kamu pintar merasa dan mengambil hikmah, dengan mengalami sakit, terluka, menangis, putus, kita bisa mengartikan cinta itu dengan sendirinya.
ehh…oke oke cukup ngebahas soal pengalaman pribadi saya nya ya :D

Jadi, di sini saya gak bakalan bahwa cinta adalah bla bla bla bla bla bla………………karna saya sendiripun sama kaya gak bisa mendeskripsikannya secara pasti (nah loh). I mean,  walaupun toh saya tau, saya gak akan memaparkan di sini bahwa cinta itu ‘ini’ loh. Karna kalo begitu saya sama aja dengan menyesatkan kalian seperti yang saya bilang di atas.
Mungkin di detik ini kalian akan (atau sudah) bertanya : “Terus gimana dong??” atau “saya harus gimana jadinya?”. Ini sedikit tips dari saya~

Jika kalian adalah remaja (bukan juga boleh ), sedang galau ataupun tidak, belum pernah jatuh cinta atupun pernah, sedang dalam sebuah hubungan ataupun jomblo,  sedang bertanya tanya soal apa itu cinta, lalu kepo pake banget, lalu tidak sengaja ataupun sengaja membaca tulisan ini, yang kalian harus lakukan adalah :

  1. Karna seperti yang saya bilang di atas, yang sedang kalian pertanyakan itu hanya bisa kalian tau setelah  kalian mengalaminya sendiri. So, tunggu aja sampe kalian mengalaminya nanti, dan kalian simpulkan sendiri atas apa yang telah kalian alami. 
  2. Cinta itu naluriah, alamiah, lahir dari dalam diri, jadi walaupun ngak kita cari tau tanpa sadar kita bakalan tau. Percaya sama saya.
  3.  Kalo gak mau percaya, maka anda harus pintar dalam mengambil hikmah.  Juga pintarlah merasa bukan merasa pintar (halahh), karna kalau kita pintar merasa kita akan peka terhadap  lingkungan dan apa apa yang terjadi terhadap kita. Juga pada proses cinta mencintai, kalau kita peka bakalan tau kok 
  4. Kalo masih gak bisa tau juga?. Berhentilah mencari tau. Saya tanya, emang kalo udah tau ‘cinta itu apa’ mau ngapain? bakalan terjadi apa?  mending belajar gih sono *ditampol reader*. oke, saya ngerti kalian galau, but, harusnya itu dipahami dan ditela’ah, bukan di galau in.  
Untuk penutup saya mau ngasih quote dari abang Moammar Emka (halah, so akrab banget saya), ini dari bukunya yang berjudul “Dear You” . Gini bunyinya : 

“ Cinta? Tanpa definisi. Yang biasa dan bisa kita lakukan adalah mengekspresikannya. Kasihan cinta kalau harus di artikan ini-itu. Cinta menjadi terisolasi dan masuk ke dalam kotak!”

Anda setuju? Kalau saya sangat setuju! Karna itu sangat benar menurut saya. Cinta memang tanpa definisi, tapi dilakukan dengan banyak ekspresi diantaranya : bahagia, sedih, senang, patah hati, mati rasa, jatuh, terpuruk, berkorban,menyayangi, kehilangan, sayang, berkhianat, selingkuh, dan masih banyak lagi. Dan cinta jadi terkotak-kotak karna ada beberapa orang yang mendefinisikan bahwa  “cinta itu pengorbanan” yang berarti cinta bagaikan sebuah merek di bagian depan kotak yang hanya berisikan pengorbanan, atau ada yang mengatakan bahwa “cita itu hal yang paling bahagia” dan cintapun menjadi sebuah merek kotak dengan berisi semua hal-hal bahagia. Padahal…itu tidak benar! Cinta itu lebih dari itu, cinta itu terlalu besar untuk di definisikan, terlalu luas, Cinta itu semua perasaan bahagia, sedih, senang, patah hati, mati rasa, jatuh, terpuruk, berkorban,menyayangi, kehilangan, sayang, berkhianat, selingkuh, termasuk perasaan ‘masih banyak lagi’nya itu juga. Cinta…..itu semua mua mua muanya! :D
   

15 comments:

  1. Artikel nya menarik ...
    about love .....
    yea..............
    :D

    ReplyDelete
  2. Cinta menjadi teka teki bagi orang yang mengenal seluk beluknya.

    Cinta banyak mengajarkan banyak hal baik pahit dan manisnya.

    Cinta dikenali bukan saja dengan perasaan tapi sekali-kali gunakan logika untuk mencernanya hehe.

    Dari cara penulisannya cukup gokil, tapi perlu menyesuaikan dengan tata bahasa Indonesia yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..bener banget tuh kak.

      untuk bahasa...aku sengaja sih pake bahasa kaya gitu, biar gak kaku, dan lucu gitu, hehehe. Tapi makasih buat tipsnya nanti saya akan lebih menyesuaikan ^^

      Delete
  3. bahkan Saya belum puas dengan jawaban ini.

    ReplyDelete
  4. Hahaha. Baru sekali baca artikel orng sampe habis.

    ReplyDelete
  5. Gak ada pulsa? Dapatkan Pulsa 50.000 dengan mudah setiap bulannya.
    Download sekarang langsung dapat free cash Rp 1000!
    [Rp 2.847] Flash Cash! 06 Feb 10:?? WIB (Total Cash-ku Rp 12.778) https://invite.cashtree.id/lrgq85

    ReplyDelete
  6. Saat anda mencari tau apa itu cinta ya yg pertama anda harus mengalami sendiri lalu yg ke 2 saat anda mendefinisikan cinta itu anda harus menggunakan pikiran yg sangat jernih, jgn ada embel2 napsu atau tergila2 krna kegantegan nya. Kamu tau itu cinta bahkan ga hanya sekali kamu pacaran trkdng sampe berkali2 bruc tau cinta itu apa, bru merasakan cinta. Meneurut saya cinta ituu selama nya akan ada di hati. Seperti kasih ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas :D.
      saya juga setuju soal itu. cinta yang paling hakiki adalah cinta seorang ibu kepada anak anaknya

      Delete

Comment Please~~