Aug 19, 2013

The Power Of Music





Hallo kawan..:D
Dalam post kali ini saya akan membahas tentang MUSIK. Berbicara tentang musik tentunya juga berbicara tentang  lagu ^^. Nah sekarang…ayo kita bicarakan banyak hal tentang musik. Apa saja, ngalor ngidul juga gak apa-apa kan ya? XP. Karna saya…sedang ingin ‘banyak bicara’, eh, menulis maksudnya. :D


Di dunia ini…siapa sih yang gak suka musik? Atau yang benci dengerin lagu? Atau…yang bakal jerit-jerit ketakutan jika mendenganrkan music atau lagu? Mungkin memang ada, tapi saya kira itu sangat jarang, dan kalaupun ada itu hanya pada lagu atau musik tertentu. I mean…selama musik atau lagu itu masih dalam batas ‘normal’ seperti pada lagu pada umumnya. Ah..iya, saya punya seorang teman yang akan menjerit sambil menutup telingannya ketika mendengar lagu dangdut, katanaya sih alergi. Entahlah, tapi itu mungkin karna musik dangdut itu (menurutnya) tidak enak di dengar sehingga ‘menyakiti kupingnya’ atau membuatnya ‘merinding’ atau ‘ingin muntah’, karna FYI aja…dia adalah penggila musik rock. Dan sayapun…akan menutup telinga saya sambil menjerit ketika mendengar lagu ‘Lengser Wengi’ atau ‘Gloomy Sunday’. Ya...saya punya rasa takut tersendiri pada lagu-lagu yang mengandung nilai mistis semacam itu. Tapi toh…untuk lagu atau musik lainnya, saya dan teman saya itu baik baik saja ketika mendengarkanya, ya…itu hanya masalah selera dan efek yang di timbulkan sebuah lagu.

Nah…jadi…walaupun ada seseorang yg ‘membenci’ atau ‘tidak bisa mendengarkan’ sebuah lagu atau sebuah jenis musik ertentu, dia tidak akan seperti itu pada ‘semua’ lagu atau jenis musik lainnya. Setidaknya ada satu lagu atau jenis musik yang dia suka. Kamu sendiri…suka dan sering mendengarkan jenis musik atau lagu apa?. Kalau saya…hampir semua jenis musik saya suka. Hanya saja pada lagu-lagu atau musik tertentu saya tidak bisa menjadi menyukai atau sering mendengarkannya, ya…masalah selera. Saya suka pop (tentunya)(dan juga musik turunan pop yang lainnya), rap, electro, jazz, rock (alternative rock tapi), ballad, lalu gabungan dari keduanya (rock ballad), kasik, folk, indie (Korean indie XD), akustik, dan banyak lagi, yang jelas saya suka musik dan lagu yang tenang dan menenangkan, dan…mendalam.

Kata orang, musik dan lagu itu bahasa  universal. Dan itu benar, sangat benar. Saya adalah termasuk orang yang tidak-peduli-bahasa-sebuah-lagu-asalkan-enak-didengar-saya-akan-menyukainya. Dan malah…dengan seperti itu saya jadi belajar banyak bahasa, korea, jepang, china, inggris (sudah jelas), prancis, dan beberapa bahasa lainnya (walaupun saya tidak benar-benar bisa menguasai bahasa-bahasa itu, setidaknya saya tau beberapa kata XD). Di belahan dunia manapun anda tinggal, karna sebuah lagu, bahasa tidak menjadi halangan. Karna ‘power’ dari sebuah lagu sebuah ‘perasaan’ dapat tersampaikan bahkan tanpa kita mengerti bahasa dari lagu tersebut. Ah…kita ambil contoh, Korean Wave. Apa semua orang yang tergila gila dengan K-pop itu mengerti bahasa korea? Bisa berbicara menggunakan bahasa korea? Tentu saja engga. Mereka tidak mengerti arti dari lagu-lagu yang mereka dengarkan. Mereka tidak mengerti, tapi terlebih dahulu mereka menyukainya, baru setelah itu…mereka mencari translate lagunya, lalu…mereka akan semakin menyukainya. Dan saya, adalah salah satu dari ‘mereka’ itu :D.

Musik sendiri…sudah di mulai sejak abad ke-2 sebelum masehi, sudah lama ya?. Lalu berkembah dengan banyak perubahan sampai sekarang. Ah…saya juga bukan orang yang tau banyak soal musik, apalagi sejarahnya. Ayo pindah topik, saya tidak akan membahasnya di sini,  jangan membahas topik yang berat dan yang mebutuhkan banyak berfikir ya XD.
Mmm…jadi, seberapa penting sih musik di hidup kalian?. Tentunya… ada yang akan menjawab “sangat penting”, “tidak terlalu”, atau..”entahlah”. Tapi, tanpa kalian rasakan, musik itu sudah banyak memberikan pengaruh loh. Ah…untuk kalian yang merasa bahwa saat ini memiliki kemampuan berfikir lebih baik dari orang lain (sebut itu jenius), mungkin saja itu berkat musik klasik yang ibu kalian perdengarkan waktu masih di dalam perut?, Mungkin, hahaha. Bagi saya sendiri…musik dan lagu itu, sesuatu yang menemani saya setiap saat. Saat sedang bosan, saya biasanya mendengarkan lagu di playlist saya dengan random. Saat sedang sedih (galau :P) saya mendengarkan lagu yang Slow, yang menenagkan, atau malah yang bikin tambah galau sampe akhirnya bikin nangis. Saat sedang marah dan kesal saya suka mendengarkan lagu rock, itu…sangat menggambarkan perasaan marah :D. Saat sedang putus asa dan bingung saya  mendengarkan lagu yang liriknya…bisa memotivasi dan bikin saya semangat lagi, banyak loh lagu lagu yang seperti itu. Apa...kalian juga seperti itu?, Pernahkah kalian menemukan sebuah lagu yang ketika kalian mendengarkannya dalam hati  kalian akan berkata “wah…gw banget nih”?, pasti pernah kan?.

Menurut saya sendiri, sebuah lagu yang baik adalah…, yang memotivasi ; ngak terpuruk lagi, ngak galau lagi, dan bisa sedikit melupakan kesedihan . Lalu yang memberi semangat; saat lemas, saat lelah, ketika mendengarnya kamu akan punya semangat baru!. Dan menginspirasi; saat mendengarkannya kamu jadi kepikiran buat melakukan sesuatu~. Lalu…yang terbaik dari yang terbaik adalah lagu yang di ciptakan dengan perasaan, dan perasaan. Karna sebuah lagu, adalah perasaan yang di beri musik dan nada oleh penciptanya. Dan akan benar benar menjadi sebuah lagu ketika itu mewakili perasaan pendengarnya juga, karna itulah orang-orang biasanya mengungkapkan perasaan lewat sebuah lagu. (kalimat ini bukan dari saya, tapi pendapat seseorang :D). Ah..iya, ada pepatah yang bilang “Jika kau mendengarkan sebuah lagu, Jika kau sedang senang kau akan menikmati musiknya. Tapi jika kau sedang sedih kau akan meresapi liriknya” (begitu ya kalo ga salah?)

Ah…artikel ini semakin panjang saja…siapalah yang mau membacanya ? XD, lagipula sepertinya saya bingung mau membahas apa lagi. So....komentar ya? Saya ingin mendengar, pendapat, saran, ataupun sanggan dari pembaca ^^.

1 comment:

  1. musik dan gitar adalah dua hal yang selalu menemani perjalanan hidupku !

    ReplyDelete

Comment Please~~